SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Selasa, 31 Agustus 2010

Opak Ketan

OPAK

Oleh :
Dede Setiawati



 Keadaan Alam Jawa Barat yang banyak ditumbuhi aneka macam jenis tumbuhan dan banyak dialiri sungai mempengaruhi pada menu khas Jawa Barat.
Kehadiran rumah makan khas Sunda-pun ditandai dengan cara penyajian, perlengkapan  yang dipakai seperti boboko (bakul), cowet (ulekan), samak (tikar), kemudian gaya bangunannya dengan arsitektur khas Sunda, seperti adanya rumah panggung, kolam, bahan bangunan terbuat dari kayu atau bambu.
Diantara semua yang khas Sunda ada beberapa macam makanan ringan seperti Opak. Opak banyak terdapat di beberapa daerah di Jawa Barat, yakni Sumedang, Bandung, dan Ciamis juga termasuk.
Yang akan saya bahas di sini adalah Opak Ciamis. Ada dua macam rasa Opak di daerah Ciamis, asin dan manis.
Saya mencoba mendatangi beberapa took yang menyediakan opak khas di Panawangan .Satu persatu asal Opak di perkenalkan oleh pemilik toko “Ibu Eros” ada Opak manis Jagabaya, Panawangan, Sagalaherang ( Opak asin ), Cinnyasag, dan  Opak Nagarapageuh.
Semua saya coba cicipi karena warna dan rupa dari masing- masing  Opak berbeda-beda.Dan kemudian saya memilih Opak Nagarapageuh untuk artikelyang akan saya tulis. Mengapa saya memilih Opak Nagarapageuh ?
Opak Nagarapageuh teksturnya sangat lembut dan memiliki citra rasa yang gurih dan renyah di lidah, disbanding Opak lainya, bahkan rupanya pun sangat menarik, dengan warna putih kekuningan dan bentuk bulat.
Mari kita selidiki apa bahan dan bagaimana cara pembuatannya, sehingga membedakannya dari Opak-opak yang lain !kita datangi sendiri Ibu pembuat Opak di Nagarapageuh “Ibu Eros”

Cara membuat Opak

Bahan : - Ketan
- Gula pasir

Cara Pembuatan :

Beras dibersihkan dan direndam + 20 jam. Beras dikukus +15 menit, angkat, diaduk sambil disiram air dingin, kemudian dikukus lagi. Kurang lebih seperti menanak nasi ala zaman dulu, tapi bedanya ini disiram air dingin. Setelah masak dimasukkan ke dalam gambol (lesung) untuk ditumbuk sampai 
halus hingga menjadi janggel. 1 jam menumbuk ketan masak sampai siap dicetak menjadi opak. Janggel (ketan yang sudah ditumbuk halus) dibuat bulat kira-kira sebesar telur ayam, diapit dua buah plastic yagn sudah diolesi minyak goring dan dijepit dengan alat cetakannya. Kemudian dituplak (dirapikan) bagian pinggirnnya kalau- kalau hasil cetakan tidak merata, kemudian dijemur di atas ayakan. Baru setelah kering (tidak sampai keras) dipanggang dalam bara, sampai matang dan opak siap dihidangkan.


            Begitulah Opak Nagarapageuh dibuat. Harga bahan memang tidak seberapa tapi cara pembuatan yang memerlukan tenaga besar, waktu yang lama, dan keahlian khusus untuk mendapatkan Opak Nagarapageuh kita harus pesan jauh hari sebelumnya, karena peminat opak ini sangat banyak





0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails