SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Jumat, 22 Januari 2010

Polusi udara dan kesehatan

Permukaan alveolus menyediakan suatu antar permukaan yang luas dan baik antara lingkungan interna dan udara. Dalam 24 jam, kita bernapaskan kira-kira 15.000 liter udara. Karena itu kemurnian udara merupakan suatu hal yang sangat penting.

Sejumlah unsur dalam udara terutama akibat aktivitas manusia dianggap sebagai kontaminan atau polutan udara. Sumber utama polusi udara sangat bervariasi dan dibagi menjadi 2 kategori:
• Akibat aktivitas industri dan teknologi: kilang minyak dan pertambangan, listrik, kendaraan, dsb. Polutan yang dihasilkan:

1. Jelaga (dari bahan bakar yang tidak terbakar) dan abu industri lain
2. Sulfur dioksida (SO2) dari oksidasi bahan bakar yang mengandung senyawa belerang (arang, minyak)
3. Aneka ragam hidrokarbon (dari pembakaran bensin yang tidak sempurna): benzopiren, suatu karsinogen yang sangat berbahaya
4. Oksida dari nitrogen (Seperti NO2) dihasilkan oleh ikatan kimiawi O2 dan N2 (dalam silinder dari mesin pembakaran interna)
5. Karbon monoksida (CO) dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.

Dalam sinar matahari yang terang, nitrogen oksida, hidrokarbon, dan oksigen berinteraksi secara kimiawi membentuk oksidan yang sangat kuat seperti ozon (O3) dan peroksiasetil nitrat (PAN). Polutan sekunder ini sangat merusak tanaman dan menyebabkan pembentukan asbut (asap kabut) yang khas dan menyebabkan iritasi mata yang sangat khas.



• Asap rokok. Asap rokok mengandung sejumlah hidrokarbon, termasuk benzopiren.

Varietas penyakit pada manusia lebih umum pada orang-orang yang telah terkena polusi udara pada kehidupan di kota atau terkena polusi asap rokok perorangan (atau teristimewa oleh kedua-duanya). Penyakit ini meliputi bronkitis kronis (dan kemungkinan akibatnya emfisema), asma, sedikit gangguan peredaran darah, dan kanker paru-paru.

Anda boleh mempublikasi ulang seluruh atau sebagian artikel:
Polusi udara dan kesehatan
Terima kasih jika anda melinkback ke halaman:
http://www.try4know.co.cc/2009/12/polusi-udara-dan-kesehatan.html
atau Anda ingin berperan dalam menulis di Blog ini? Silahkan Klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails