Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan
besaran turu-nan beserta satuannya.
|
Besaran dan Satuan
|
- Mencari informasi tentang besaran dan
satuannya
-
Merumuskan pengertian besaran dan satuan
-
Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam
satuan internasional
-
Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan
waktu dengan tangga konversi
-
Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari
lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan
-
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-
Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
-
Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian
Isian
PG
PG
|
Sebutkan 4 macam besaran yang dapat diukur
dari meja belajarmu.
Sebutkan satuan SI untuk setiap besaran pokok.
2 hari 4,5 jam 8 menit jika dinyatakan dalam sekon menjadi . . .
a. 176 590 s c. 189 480 s
b. 100 360 s d. 197 542 s
Hasil pengukuran yang paling luas adalah . . .
a. 80 dam2
b. 30 m2
c. 0,5 km2
d. 400 hektar
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 9-25, Buku Kerja, lingkungan sekitar,
alat ukur
|
1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan
pengukurannya
|
Suhu
|
- Mencari informasi cara menggunakan
termometer
-
Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan
termometer yang lain.
|
-
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
-
Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian
PG
|
Sebutkan jenis termometer yang kamu pilih
untuk mengukur suhu udara di dalam rumah kaca.
Suhu 300 K sama dengan . . .
a. 27°C = 80,6°F
b. 80°C = 27°F
c. 27°C = 32°F
d. 27°C = 172°F
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 27-42, Buku Kerja,
termometer
|
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pengukuran
|
- Melakukan pengukuran besaran-besaran
fisika
-
Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
-
Mengukur besaran fisika dengan menggunakan alat ukurnya secara baik
dan benar
-
Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Uji petik kerja prosedur
Uji petik kerja produk
Uraian
|
Jelaskan cara mengukur luas permukaan telapak
kakimu.
Membuat model jam matahari
Sayaka memasukkan gula ke dalam tabung reaksi yang berisi sedikit air.
Untuk melarutkan gula, ia menutup tabung reaksi dengan ibu jari lalu
mengocoknya. Sudah tepatkah cara yang dilakukan Sayaka?
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl. 1A hlm
43-66, Buku Kerja, alat-alat ukur
|
Standar
Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam,
larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
|
Asam, Basa,
dan Garam
|
-
Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam,
basa, garam
-
Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam
-
Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa
misalnya kertas lakmus atau pH stik
|
- Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam
dengan menggunakan indikator yang sesuai
-
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep
asam, basa, dan garam
-
Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan
kebasaan
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
PG
Tes identifikasi
Uji petik kerja prosedur
|
Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah
jika ditetesi . . . .
a. air kapur
b. pemutih pakaian
c. air sabun
d. perasan jeruk lemon
Bagaimana Pak Fajri bisa membedakan botol kimia yang berisi asam di
antara botol-botol lain yang berisi basa?
Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu larutan dengan menggunakan
indikator universal?
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 67-82, Buku Kerja, lingkungan sekitar,
alat ukur
|
2.2
Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam
kehidupan sehari-hari
|
Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan
|
-
Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan
|
-
Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam basa di laboratorium
dan di alam
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan menggunakan kunyit atau
kembang sepatu
|
3 × 40’
|
Buku IPATerpadu Jl.1A hlm 67-82, Buku Kerja, lingkungan sekitar
|
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
|
Unsur Kimia
|
-
Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
-
Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya
|
- Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-
Menuliskan nama dan lambang unsur
-
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-
Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
PG
PG
PG
|
Natrium, nikel, dan nitrogen mempunyai
lambang unsur berturut-turut . . . .
a. N, Ni, dan No
b. Na, N, dan Ni
c. N, Ne, dan No
d. Na, Ni, dan N
Au dan Ag adalah lambang unsur dari . . . .
a. emas dan perak
b. aluminium dan argon
c. perak dan argon
d. titanium dan emas
Rumus kimia Natrium nitrat adalah . . . .
a. NO2
c. Na2SI4
b. NaCl d. NaNO3
Contoh senyawa antara lain . . .
a. air, oksigen, garam
b. emas, perak, besi
c. air, gula, metana
d. etanol, hidrogen, oksigen
|
4 × 40’
|
Buku IPATerpadu Jl.1A hlm 83-106, referensi yang relevan
|
2.4 Membanding-kan sifat unsur,
senyawa, dan campuran
|
Unsur, Senyawa, dan Campuran
|
-
Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran
-
Mengklasifikasikan materi secara sederhana
-
Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
|
-
Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-
Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan
ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran )
- Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Uji petik kerja prosedur
Tes identifikasi
|
Apakah garam dapur termasuk senyawa ataukah
campuran?
Manakah yang merupakan unsur, senyawa, campuran dari gambar-gambar
berikut?
Kelompokkan bahan-bahan berikut menjadi
campuran homogen dan campuran heterogen.
|
4 × 40’
|
Buku IPATerpadu Jl.1A hlm 83-106, referensi yang relevan
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan
perubahannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan
wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Wujud Zat
|
-
Melakukan percobaan perubahan
wujud zat
-
Mendiskusikan materi gaya tarik antar
partikel
-
Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan
-
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas
|
- Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
-
Menafsirkan gaya tarik antar partikel pada berbagai wujud zat melalui
penalaran
-
Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
-
Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan
sehari-hari
|
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
PG
Uji petik
kerja prosedur
Uraian
Uraian
|
Pada proses pengelasan logam terjadi
peristiwa . . . .
a. pelelehan c. penguapan
b. pembekuan d. penyubliman
Penelitian membekukan air panas lebih cepat daripada air dingin.
Mengapa cat besi mudah terkelupas jika digunakan untuk mengecat tembok?
Mengapa minyak tanah dapat merambat naik di sepanjang sumbu kompor?
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 107-130, Buku Kerja, alat-alat praktikum
|
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
|
Massa Jenis
|
-
Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan
menggunakan alat-alat.
-
Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
|
-
Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu
ciri khas suatu zat
-
Menghitung massa jenis suatu zat
-
Menggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uji petik kerja prosedur
Uraian
Uraian
|
Penelitian mengamati campuran dua buah
larutan yang berbeda massa jenisnya.
Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai diameter 7 cm dan tinggi 15
cm. Tabung tersebut memiliki massa 1,56 kg. Terbuat dari apakah tabung
tersebut?
Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan
air sungai?
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 107-130, Buku Kerja, alat-alat praktikum
|
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan
pemuain dalam kehidupan sehari-hari
|
Pemuaian Zat
|
-
Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas
-
Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair
-
Menganalisis muai volume berbagai jenis zat cair
-
Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas
-
Membandingkan pemuaian zat cair dan zat padat
-
Mengidentifikasi muai volume berbagai jenis zat cair.
-
Menunjukkan prinsip pemuaian dalam teknologi
|
Observasi
Diskusi
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Uraian
Uraian
Uraian
|
Amati pemuaian beberapa logam dengan
menggunakan alat Musschenbroek.
Ayah Albert sedang mengecat langit-langit ruang makan.
Ketika setetes cat jatuh ke permukaan lampu bohlam yang sudah menyala
sejak tadi, bohlam itu pecah. Mengapa demikian?
Mengapa air tumpah ketika panci yang diisi air sampai penuh
dipanaskan?
Mengapa sambungan rel kereta api selalu diberi celah saat dipasang?
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 131-144, Buku Kerja, alat-alat praktikum
|
3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam
mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kalor
|
-
Melakukan percobaan tentang kalor
-
Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat
penguapan
-
Mencari informasi tentang peristiwa mendidih dan melebur
-
Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu
|
-
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud
zat
-
Menyelidiki banyaknya kalor
yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
- Menyelidiki faktor-faktor yang dapat
mempercepat penguapan
-
Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
-
Menerapkan hubungan Q = m c ∆t, Q = m U, dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana
|
Observasi
Observasi
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Lembar observasi
Isian
Uji petik kerja prosedur dan produk
Uraian
|
Kegiatan 8.3
Kegiatan 8.13, Kegiatan 8.14,
Kegiatan 8.15
Mengapa pada siang yang lembab kamu merasa lebih nyaman jika terkena
hembusan angin?
Kegiatan 8.6 dan Kegiatan 8.10
Ketika diberi kalor 100 J, suhu suatu kepingan logam yang bermassa 5 g
naik 50°C. Berapa kenaikan suhu logam itu jika diberi kalor 3 000 J?
|
6 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 145-186, Buku Kerja, alat-alat praktikum
|
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam
perubahan fisika dan kimia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat
kimia zat
|
Sifat Fisika
dan Sifat Kimia
|
- Melakukan percobaan tentang perubahan
fisika dan perubahan kimia
-
Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Membandingkan
hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
- Mengklasifikasi perubahan fisika dan
perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
|
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Tes identifikasi
PG
|
Sebutkan dua sifat fisika dan satu sifat
kimia dari gas elpiji, emas, dan air.
Tembaga dimanfaatkan sebagai kabel listrik karena mempunyai sifat
fisika . . . .
a.
mempunyai titik leleh rendah
b. tidak dapat menghantarkan panas
c. sangat mudah bereaksi dengan zat lain
d. mudah menghantarkan listrik
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A (Esis)hlm 187-195,
Buku Kerja, alat dan bahan praktikum
|
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Pemisahan Campuran
|
- Mencari informasi tentang pemisahan
campuran
-
Mengamati percobaan tentang penjernihan air
-
Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran
|
-
Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan
titik didih
-
Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
-
Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan
metode yang dipilih ( penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi )
|
Tes tertulis
Penugasan
Observasi
|
Uraian
Tugas proyek
Lembar observasi
|
Jelaskan proses pengambilan garam dari air
laut.
Buat alat penjernih air sederhana.
Kegiatan 10.3
|
4 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A (Esis)hlm 197-214,
Buku Kerja, alat praktikum
|
4.3
Menyimpulkan perubahan fisika
dan kimia berdasar-kan hasil percobaan sederhana
|
Perubahan Fisika dan Perubahan
Kimia
|
- Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika
dan kimia
-
Merumuskan kesimpulan hasil percobaan
fisika dan kimia
|
-
Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan
kimia
-
Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan
percobaan
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Tes identifikasi
|
Perubahan berikut ini tergolong perubahan
fisika ataukah perubahan kimia?
Pada bagian manakah dari lilin yang menyala yang merupakan contoh
perubahan fisika dan perubahan kimia?
|
3 × 40’
|
Buku IPA Terpadu Jl.1A hlm 215-240, Buku Kerja dan alat praktikum
|
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
Reaksi Kimia
|
- Melakukan percobaan tentang reaksi kimia
-
Mendiskusikan kesimpulan tentang reaksi kimia
|
-
Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas
-
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
|
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
Kegiatan 11.1
Saat zat A dan zat dicampur ternyata tidak terjadi perubahan warna dan
tidak terbentuk endapan, namun ketika diraba terasa hangat. Apakah terjadi
reaksi kimia pada proses itu?
|
3 × 40’
|
Buku siswa
|
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
http://www.4shared.com
0 komentar:
Posting Komentar