SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Selasa, 30 Maret 2010

TEORI ABIOGENESIS




TEORI ABIOGENESIS
          
Disebut jugaTeori Generatio Spontanea
Kapan dimana dan dengan cara bagaimana kehidupan di bumi ini berawal hal itulah yang terus menggoda para ilmuwan.
Berbagai teori asal-usul kehidupan telah disusun oleh para pakar tetapi belum ada satupun teori yang diterima secara memuaskan oleh semua pihak.
Teori tentang asal-usul kehidupan yang pernah disusun oleh para ahli di antaranya:
 Kehidupan muncul dari benda tak hidup pada berbagai kesempatan (teori generatio spontanea)
Meliputi :Manusia, Hewan ,Tumbuhan .

Pelopornya seorang Ahli filsafat zaman Yunani Kuno Aristoteles           (384-322 SM)                                                                              Berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja
pada 1646, Sir Thomas Browne menerbitkan Pseudodoxia Epidemica .Sangat banyak diterima, yang merupakan serangan terhadap keyakinan yang salah .
Pada tahun 1665, Robert Hooke menerbitkan gambar-gambar pertama dari sebuah mikroorganisme. Hooke diikuti pada 1676 oleh Anton van Leeuwenhoek, yang menarik dan dijelaskanlah  mikroorganisme yang sekarang diduga protozoa dan bakteri.
Banyak yang merasa keberadaan mikroorganisme merupakan bukti untuk mendukung generasi spontan,  dan  Waktu Itu reproduksi aseksual melalui pembelahan sel belum diamati.
Kesimpulannya tidak diterima secara luas Sebagai contoh, sezamannya, Alexander Ross meragukanhal  ini dan pergi ke Mesir, untuk mencari kebenaran dan di sana ia menemukan ladang penuh dengan tikus ,
Dan Tentusaja Pemahaman nya Tikus Berasal Dari  gandum itu
pendapat ini masih terus bertahan sampai abad kc 17 -18       Anthony van Leenwenhoek (abad ke 18) berhasil membuat mikroskop dan melihat jasad renik di dalam air bekas rendaman jerami penemuan Leeuwenhoek (salah seorang penganut teori abiogenesis) memperkuat teori generatio spontanea teori terbukti makhluk hidup berasal dari benda mati (jasad renik berasal dari air bekas rendaman jerarni).
Nah mulai dari penemuan mikroskop inilah Penganut Teori Abiogenesis
Ber pendapat Bahwa Mahluk Hidup Ber asal Dari Benda Mati
generasi spontan, berpendapat bahwa kompleks tertentu,            
organisme hidup  dihasilkan oleh zat-zat organik yang membusuk.
 Menurut Aristoteles kebenaran yang mudah diamati
1.    kutu daun muncul dari embun yang jatuh pada tanaman,
2.     jenis kutu Tertentu berasal dari materi busuk,  
3.    tikus Berasal dari jerami kotor,
4.     buaya Berasal dari kayu Yang membusuk
5.    Ikan Dan Katak Berasal Dari Lumpur
6.    Cacing Berasal Dari Tanah
7.    Belatung Berasal Dari Daging Yang membusuk .Dst

Inilah Faham Abiogenesis (Teori Generation Spontanea)



Beberapa ahli berusaha mengadakan penelitian untuk menyangkal teori generatio spontanea antara lain Franscesco Redi, Spallanzani dan Louis Pasteur.
Percobaan Redi dan Spallanzani masih belum dapat menumbangkan teori generatio spontanea karena menurut pendapat para pendukung teori tersebut bahwa untuk dapat timbul kehidupan secara spontan dari benda mati diperlukan gaya hidup dan gaya hidup pada percobaan Spallanzani dan Redi tidak dapat melakukan fungsinya karena stoples dan labu percobaan tersumbat rapat-rapat.
Pasteur mencoba memperbaiki percobaan Spallanzani dengan menggunakan tabung kaca berbentuk leher angsa atau huruf S untuk menutup labu walaupun labu tersumbat udara sebagai “sumber gaya hidup” dapat masuk ke dalam labu. Dengan percobaan ini Pasteur berhasil menumbangkan teori generatio spontanea
Sumber :
http://gurungeblog.wordpress.com
 http://ahmadsyah.bio.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails