SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Senin, 22 Februari 2010

Rasa kantuk saat malam tiba

Shvoong.



Rasa kantuk saat malam tiba

Saat malam menjelang, rasa kantuk akansegera menyerang tubuh, masyarakat di pedesaan yang belum ada listrik cenderunglebih cepat tidur dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan, kenapa? Hal inidisebabkan karena adanya hormone melatonin.  Tubuh manusia mengenal adanya jam biologisyang berfungsi mengatur kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan tubuh secaraalami selama 24 jam. Jam ini akan mengatur kapan tubuh harus istirahat, memerlukanmakanan dan kegiatan lainnya. Jam biologis ini dapat berjalan karena adanya Suprachiasmatik Nuclei (SCN). Saat harimulai gelap SCN akan memerintahkan tubuhuntuk mengeluarkan hormon melatonin yangakan memerintahkan tubuh untuk beristirahat. Diperkotaan dengan kehadiran lampulistrik yang merubah suasana malam hari menjadi terang, menyebabkan produksi hormonmelatonin sehingga tubuh tidak cepat mengantuk.
Dalammenjalankan fungsi jam biologis, tubuh sangat cepat dan mudah beradaptasi. Bagiorang-orang yang bekerja pada malam hari, adaptasi tubuh akan bekerja di manaSCN akan membatasi perintah pengeluaran hormon melatonin sehingga tubuh akantetap terjaga. Semakin larut, suhu tubuh akan semakin turun dan menyebabkanproduksi hormon melatonin akan semakin meningkat dan juga turunnya tekanandarah dalam tubuh.

Hormon diproduksi  bahkan saat tubuh sedang tidur

Tubuh membutuhkan istirahat (tidur) agar dapat memperbaiki sel-selyang rusak. Tidur sehat manusiaadalah 7 sampai 9 jam setiap hari sehingga perbaikan sel-sel tubuh optimal.Perbaikan sel-sel tubuh ini di pacu oleh hormon Human GrowthHormone (HGH). Agar tubuh bangunpagi dalam keadaan sehat dan segar bagi orang dewasa di butuhkan tidurrata-rata 8 jam per hari, dimana waktu tersebut cukup untuk memulihkan tubuhkembali.
Tidak hanya istirahat (tidur) cukup yang dibutuhkanoleh tubuh, memperhatikan pola makanan juga merupakan faktor yang pentingkarena hal ini dapat mempengaruhi pola istirahat. Mengkonsumsi makanan yang asin akan membuat tubuh retensi cairan sehingga menyebabkan hipertensi ringan.Kondisi ini akan menyebabkan tidur terganggu dan akibatnya perbaikan sel tubuh jugaterganggu.
Mengkonsumsi makananmanis dapat membuat kita sulit tidur karena otak akan memerintahkan untukmengeluarkan hormon insulin. Akibatnya gula yang ada dalam pembuluh darah akandisimpan dalam sel otot, hati dan lemak. Karena kadar gula dalam tubuh rendah,otak akan memerintahkan untuk mengeluarkan hormon kortisol yangmemecah lemak menjadi gula. Efek samping dari hormon kortisol adalah dapatmemicu stres sehingga waktu tidur Anda akan terganggu karena rasa stres yang ada.

sumber 

Shvoong. 
Lihat gambar ukuran penuh
300 x 300 - 27k - jpg - iqbal01.files.wordpress.com/2009/02/insights-...
Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Di Atas ini adalah gambar di: iqbal01.wordpress.com/.../23/mengatasi-ngantuk

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails