SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Selasa, 02 Februari 2010

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TIPE 2

Senin, 25 Januari 2010

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TIPE 2

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TIPE 2

Oleh Dr. Elfis, M.Si. (26 Januari 2010)

Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif Script (Dansereau cs, 1985)
1. Guru membagi peserta didik untuk berpasangan (Peserta didik tipe A dan tipe B).
2. Guru membagikan wacana/materi kepada setiap peserta didik untuk dibaca kemudian peserta didik membuat ringkasan atau rangkuman.
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4. Pembicara membacakan hasil rangkuman/ringkasannya selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya, sementara pendengar:
• Menyimak/mengoreksimenunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap yang disampaikan oleh pembicara.
• Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, peserta didik yang semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar begitu pula sebaliknya.
6. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan.

Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Script tipe 2
1. Guru menulis topik pembelajaran.
2. Guru menulis tujuan pembelajaran.
3. Guru membagi peserta didik untuk berpasangan (Peserta didik tipe A dan tipe B).
4. Guru membagikan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada masing-masing peserta didik. Peserta didik tipe A mendapatkan LKPD 1 sedangkan Peserta didik tipe A mendapatkan LKPD 2
5. Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk mengerjakan LKPD.
6. Guru meminta peserta didik tipe A sebagai pembicara menyampaikan hasil LKPD 1 pada peserta didik tipe B, sementara peserta didik tipe B bertugas sebagai pendengar mencatat hal-hal yang penting dari informasi yang disampaikan peserta didik A
7. Bertukar peran, guru meminta peserta didik tipe B sebagai pembicara menyampaikan hasil LKPD 2 pada peserta didik tipe A, sementara peserta didik tipe A bertugas sebagai pendengar mencatat hal-hal yang penting dari informasi yang disampaikan peserta didik B
8. Guru meminta salah satu peserta didik secara acak untuk menyampaikan pembahasan bahan diskusi yang terdapat pada LKPD 1 maupun LKPD 2
7. Peserta didik melaksanakan diskusi kelas dengan bimbingan guru
8. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails