Senin, 25 Januari 2010
MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES
MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES
Oleh Dr. Elfis, M.Si. (26 Januari 2010)
Sintaks Model Pembelajaran Examples non examples
1. Guru menyiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat LCD/OHP.
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tersebut dicatat pada kertas.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai tujuan pembelajaran.
Modifikasi Model Pembelajaran Examples non examples
1. Guru menulis topik pembelajaran.
2. Guru menulis tujuan pembelajaran.
3. Guru membagi peserta didik dalam kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang).
4. Guru menunjukkan macam-macam gambar organel sel, gambar sel prokariotik, dan sel eukariotik melalui LCD/OHP.
5. Guru meminta kepada masing-masing kelompok untuk membuat rangkuman tentang macam-macam gambar yang ditunjukkan oleh guru melalui LCD/OHP
Oleh Dr. Elfis, M.Si. (26 Januari 2010)
Sintaks Model Pembelajaran Examples non examples
1. Guru menyiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat LCD/OHP.
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tersebut dicatat pada kertas.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai tujuan pembelajaran.
Modifikasi Model Pembelajaran Examples non examples
1. Guru menulis topik pembelajaran.
2. Guru menulis tujuan pembelajaran.
3. Guru membagi peserta didik dalam kelompok (masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang).
4. Guru menunjukkan macam-macam gambar organel sel, gambar sel prokariotik, dan sel eukariotik melalui LCD/OHP.
5. Guru meminta kepada masing-masing kelompok untuk membuat rangkuman tentang macam-macam gambar yang ditunjukkan oleh guru melalui LCD/OHP
3 komentar:
makasih, infonya, tapi saya butuh tinjauan teoritis yang lebih mendalam tentang examples non examples, sbagi bahan untuk penyusunan PTK saya, mohon bantuannya.
TERIMAKASIH komentarnya untuk lebih lanjut silahkan klik : http://elfisuir.blogspot.com
aslam...........tolong referensi lengkapx soal model ini,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Posting Komentar