SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Minggu, 15 Agustus 2010

EVOLUSI


                                                                                                                      


                                                                                                                Disusun Oleh :
                                                              Nama       : Raden Riska Ariyanti Suharto
                                                              Kelas        : I B
                                                              NIM           : 2119090158
                                                                                                  Prodi         : Biologi 


EVOLUSI

Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama : Variasi, Reproduksi, dan Seleksi. Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturuannya akan mempunya sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antara populasi dan antar species, pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang meningkatkan variasi antara organisme. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.
Terdapa dua mekanisme utama yang mendorong evolusi :
1.    Seleksi alam yang menentukan sebuah proses yang menyebabkan sifat terwaris yang berguna untuk keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi dan sebaliknya, sifat yang merugikan menjadi lebih berkurang. Hal ini terjadi karena individu dengan sifat-sifat yang menguntungkan lebih berpeluang besar bereproduksi, sehingga lebih banyak individu pada generasi selanjutnya yang mewarisi sifat-sifat yang menguntungkan ini. Setelah beberapa generasi, adaptasi terjadi melalui kombinasi perubahan kecil sifat yang terjadi secara terus menerus dan acak ini dengan seleksi alam.
2.    Hanyutnya genetik (genetic drift) yang merupakan sebuah proses bebas yang menghasilkan perubahan acak pada frekuensi sifat atau populasi, hanyutnya genetik dihasilkan oleh probabilitas suatu sifat akan diwariskan ketika individu bertahan hidup dan bereproduksi.
Lingkungan hidup yang ada di bumi mengalami perubahan dari waktu ke waktu, seiring dengan perubahan lingkungan tersebut, terjadi pula perubahan pada waktu hidup. Perubahan-perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dari zaman ke zaman dipelajari dari suatu teori yang disebut teori evolusi.
Evolusi berusaha memahai faktor-faktor yang mendorong terbentuknya berbagai makhluk hidup yang ada di dunia saat ini.
Sejak abad ke-6 sebelum masehi, banyak ahli yang telah berusaha mengemukakan pendapatnya tentang asal-usul berbagai jenis makhluk hidup yang ada di dunia dan banyak pendapat mereka menjadi pondasi teori evolusi.
1.    Anaximander (500 SM)
Filsuf Yunani ini sering disebut evolusi pertama. Anaximander mempercayai bahwa manusia bervolusi dari makhluk akuatik mirip ikan yang pindah ke darat.


2.    Empedocles (494-435 SM)
Epedocles adalah Filsuf Yunani yang menyatakan bahwa kehidupan muncul dari lumpur dan tumbuh, kemudian berubah menjadi hewan. Menurut empedocles, makhluk pertama memiliki bentuk seperti monster, bentuk makhluk-makhluk ini berubah-ubah. Dan makhluk-makhluk yang memiliki bentuk baik yang mampu bertahan hidup. Pemikiran empedocles ini adalah bentuk dari seleksi alam yang merupakan mekanisme penting dalam evolusi.
3.    Teori Skala Alam dan Teologi Alam
Teori Skala Alami dan Teologi Alam yang dikemukakan oleh plato (427-347 SM) dan aristoteles (384-322 SM). Plato mempercayai adanya 2 dunia, dunia yang ideal dan dunia yang abadi, serta dunia maya atau hayal yang tidak sempurna. Kedua dunia tersebut dapat dipahami dengan menggunakan alat indera manusia. Menurutnya, evolusi akan mengubah dunia yang organismenya sudah ideal dan teradaptasi dengan sempurna dengan lingkungannya. Sebaliknya, Aristoteles menganut teori skala alam yang membahas bahwa segala bentuk kehidupan disusun menurut suatu skala yang komplesitasnya meningkat. Tahun 1700an, perkembangan ilmu biologi di Eropa dan Amerika didominasi oleh teori Teologi Alam, Teologi Alam merupakan suatu filosofi yang bertujuan untuk menemukan rencana Tuhan dengan mempelajari alam. Ahli-ahli teologi melihat adaptasi organisme sebagai bukti bahwa Tuhan telah mendesain tiap-tiap species dengan suatu tujuan tertentu.
4.    Corolus Lunnaeus (1797-1778 SM)
Seorang ahli fisika dari Botani dari Swedia yang melakukan perencanaan tingkat taksonomi. Taksonomi merupakan cabang biologi yang mempelajari penamaan dan pengklasifikasian berbagai organisme luneus mengadopsi suatu sistem untuk mengelompokan species-species kedalam suatu tingkatan kategori tertentu yang berjenjang. Bagi Luneus, pengelompokan species yang sama secara bersama-sama menunjukan tidak adanya hubungan evolusi.
5.    Erasmus Darwin (731-1802 SM)
Ia menulis prosa berjudul Zoonomia yang intinya menyatakan kehidupan itu berawal dari asal mula yang sama dan bahwa respon fungsional akan diwariskan pada keturunannya. Erasmus Darwin adalah kakek dari Charles Darwin.
6.    Thomas Robert Malthus (1976-1834 SM)
Malthus adalah ahli ekonomi Inggir dengan bukunya Essay on the Priciple of Population, yang intinya menyatakan tidak adanya keseimbangan antara penduduk dan bahan makanan. Selanjutnya, munculah kata-kata yang digunakan oleh Darwin, yaitu perjuangan untuk hidup (Struggle For Live)


7.    Sir Charles Lyell (1997-1875 SM)
Lyell adalah seorang ahli geologi asal Skotlandia yang berpendapat bahwa permukaan bumi terbentuk melalui proses bertahap dalam jangka waktu yang lama. Pendapatnya ini bertentangan dengan pendapat kebanyakan pada waktu itu yang menganggap bumi masih berusia muda. Lyell menerbitkan teorinya dalam buku Principle of Geology. Hasil karyanya ini mempengaruhi pemikiran Charles Darwin, dan Lyell menjadi salah satu pendukung Darwin dikemudian hari.
8.    Jean Baptiste de Lamarck (1744-1829)
Ialah seorang ahli biologi Francis yang menjelaskan evolusi berdasarkan suatu gagasan bahwa perubahan pada suatu individu disebabkan oleh lingkungan dan bersifat diturunkan, yang disebut teori lamarckisme. Contoh klasi yang digunakan untuk menggambarkan teori revolusi ini adalah jerapah yang memiliki leher panjang karena kebiasaannya memakan daun-daun dari pohon. Jerapah diduga memanjangkan lehernya untuk dapat mencapai pohon yang semakin tinggi. Adapatasi dengan pemanjangan leher ini diwariskan kepada generasi berikutnya, yang akan mempunya sekidit lebih panjang pada generasi berikutnya dan akan lebih panjang lagi.
Berawal dari pengamatannya, pemikiran Darwin dari adanya variasi mulai berkembang. Darwin kemudian mulai memperoleh ide tentang evolusi yang didasarkan atas pokok-pokok fikirannya, yaitu :
  1. Makhluk hidup bervariasi dan beberapa variasi sifatnya dapat diturunkan. Tidak ada dua individu yang sama persis dalam suatu spesies (kecuali kembar identik).
  2. Setiap populasi cenderung bertambah banyak, karena setiap makhluk hidup mampu berkembag biak.
  3. Kenyataan menunjukan bahwa pertambahan populasi tidak berjalan terus menerus.
9.    George Cuvier (1769-1832)
Menyatakan bahwa pada setiap masa diciptakan makhluk hidup yang diciptakan berbeda-beda. Teori ini disebut katastropisme.
10. Charles Robert Darwin (1809-1882)
Yang dikenal sebagai bapak teori evolusi lahir di daerah Inggris bagian darat. Teori evolusi Darwin tidak muncul begitu saja namun berdasarkan hasil perjalannya dengan kapal beagle ke kepulauan galapgos dan studi terhadap berbagai disiplin ilmu.
Saat berlayar dari Inggris menggunakan kapal HMS Beagle, Darwin berusia 20 tahun, tujuan utamanya pelayaran tersebut adalah untuk memetakan pesisir pantai Amerika selatan yang masih belum jelas.
Sebelum Darwin mempublikasikan idenya tentang evolusi secara luas, ia menerima karangan ilmiah dari alfred Russel Wallace (1823-1913) yang melakukan penelitian di Malaya tulisan walace tersebut sesuai dengan buah fikiran Darwin sehingga mereka memutuskan menerbitkan tulisan mereka bersama-sama pada tahun 1858. Buku Darwin yang berjudul the origin of species by means of natural selection, diterbitkan setahun setelah Masehi.
Teori Darwin : Evolusi terjadi karena seleksi alam karena individu yang beradaptasi dengan lingkungannya yang akan bertahan hidup.
11. August Waishmann
Teori Darwin sangat memperngaruhi perkembangan prinsip seleksi alam. August Waishmann (1834-1914), seorang ahli biologi berkebangsaan Jerman mencoba untuk menerapkan teori Darwin dalam peristiwa genetika.
Waishmann berpendapat bahwa sel-sel tumbuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Ia membuktikan pendapatnya dengan mengawinkan 2 tikus yang telah dipotong ekornya, hingga generasi ke 21. Semua tikus yang dilahirkan dari keturunan kedua tikus tadi berekor panjang.
Waishmann pun menyimpulkan bahwa :
  1. Perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan ke generasi berikutnya. Hal ini membuktikan bahwa teoiri evolusi lamarck tidak benar.
  2. Evolusi adalah masalah pewarisan gen-gen melalui sel kelamin, atau evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika



KESIMPULAN HASIL DARI TANYA JAWAB

1.    Penanya : Rosmawati
Apa yang di maksud dengan konsep evolusi ?
Jawab :
perubahan-perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dari zaman ke zaman dipelajari dari suatu teori yang di maksud teori evolusi.

2.    Penanya : Ahmadsyah
Jerapah yang berleher pendek apakah bisa bertahan hidup di bandingkan dengan jerapah yang berleher panjang?
Jawab : tentu saja jerapah yang berleher pendek lambat laun akan punah karena tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan nya,sebab jerapah yang berleher  pendek akan kekurangan makanan karena tidak dapat menjangkau makanan yang lebih tinggi,lain dengan jerapah yang berleher panjang yang dapat menjangkau puncak pohon atau sumber makanan nya,sehingga dapat bertahan hidup.
Menurut Malthus dengan bukunya Essay on the principle of population, yang intinya menyatakan tidak adanya keseimbangan antara penduduk dan bahan makanan.



3.    Penanya : Kumoro
sebutkan dua teori yang dikemukakan dalam teori Darwin?
Jawab :
Pertama : berdasarkan bukti-bukti, dia berpendapat bahwa spesies tidak diciptakan dalam bentuknya yang sekarang ini, tetapi berevolusi dari spesies nenek moyangnya.
Kedua : ia mengemukakan sesuatu mekanisme untuk evolusi, yang disebut alam (natural selection).





DAFTAR PUSTAKA

Biggs, A. ,W.C. Hagins, C. Kapicka ,L. Lundgren, P. Rillero, K.G. Tallman,             dan D. Zike. 2004. Biology: The Dinamics of life. New York. Mc      Graw-Hill Companies.Inc

http: //id.wikipedia.org/teori-evolusi

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails