SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Rabu, 28 April 2010

Mengapa Berat Badan Saya Tidak Naik-naik?

Mengapa Berat Badan Saya Tidak Naik-naik?

timbanganPertanyaan:
Kenapa saya punya berat badan tak pernah meningkat? Dari dulu hingga sekarang, masih juga 38kg. Apaa yang perlu saya perbuat untuk menggemukkan badan saya?
Thanks Pak Dokter.
Aderynaina
Jawab:
Berat badan kita dipengaruhi oleh pemasukan kalori, pemrosesan kalori di dalam tubuh kita, dan pengeluaran kalori keluar tubuh kita. Pemasukan kalori dipengaruhi oleh diit yang kita konsumsi sehari hari. Apabila kalori yang kita masukkan melalui makanan kita sama dengan kebutuhan kalori yang diperlukan, maka tidak ada cadangan kalori yang bias kita simpan dalam bentuk lemak.
Akan tetapi apabila kalori yang kita konsumsi melebihi jumlah kalori yang kita butuhkan sehari-hari, maka akan ada cadangan energy yang bias kita simpan dalam bentuk cadangan lemak.
Bila jumlahnya berlebih akan menyebabkan berat badan kita naik. Sebaliknya, pada saat puasa misalnya, jumlah kalori yang masuk dan yang dibutuhkan tubuh seringkali lebih sedikit. Sehingga orang berpuasa sebulan penuh ada kecenderungan penurunan berat badan.
Pembakaran kalori yang melebihi normal seperti pasien dengan hipertiroid (kelebihan fungsi hormone tiroid), akan meningkatkan pemakaian cadangan kalori. Akibatnya, pasien hipertiroid ada kecenderungan berat badannya menurun.
Demikian pula pasien yang sedang menderita diare kronis, diare yang lebih dari tiga minggu akan menguras cadangan energy yang ada di tubuh kita, sehingga pasien dengan diare kronis cenderung berat badannya turun.
Pasien dengan penyakit kronis (tuberculosis, diabetes mellitus, penyakit ginjal kronis, keganasan: tumor atau kanker) berkecenderungan terjadi penurunan berat badan. Keturunan atau genetis juga mempengaruhi penurunan berat badan. Seseorang yang di dalam keluarga ada keturunan berbadan kurus, maka ada kemungkinan untuk berbadan kurus.
Oleh karena itu, mengapa berat badan kita susah naik, padahal sudah makan bergizi (empat sehat lima sempurna), harus dievaluasi secara lebih teliti: apakah ada penyakit kronis yang mendasari. Perlu dilakukan pemeriksaan satu persatu sampai ditemukan ada tidaknya penyakit yang menjadi penyebab mengapa berat badan kita susah naik. Jadi berkonsultasi langsung ke keluarga anda.

 Tentang Penulis: Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro

Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, SpPD-KPTI, salah satu dokter spesialis penyakit dalam yang juga ahli penyakit tropis infeksi yang lahir di Pemalang. Staf Divisi Penyakit Infeksi & Tropik, Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr Kariadi/Fakultas Kedokteran UNDIP. Organisasi: 1. Ketua Tim HIV-AIDS RSUP Dr Kariadi-Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, sejak 2002 sampai sekarang 2. Sekretaris Sub Tim DALINOK. Komite Medis RSUP Dr Kariadi Semarang. 3. Anggota Tim ”Emerging Infectious ... Selengkapnya »
 

2 komentar:

Kis mengatakan...

wah keren nie infonya...
bagus banget buat kesehatan kita,..
thanks ya

Ahmadsyah mengatakan...

siip...Makasih Kis atas komentarnya ..

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails