SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Minggu, 04 April 2010

kalua atau manisan kulit jeruk


Siapa yang tidak mengenal jeruk, buah yang identik dengan vitamin C. Jika selama ini memakan jeruk selalu isinya. Namun, di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. kulit jeruk ternyata juga dapat dijadikan makanan olahan yang tak kalah enak dengan isinya. Ya...kalua atau manisan kulit jeruk.





Tak hanya isinya, kulit jeruk juga bisa dijadikan makanan olahan. Di Ciwidey, Bandung, Jabar, kulit jeruk diolah menjadi manisan atau kalua.

Makanan khas Ciwidey itu sudah dibuat turun temurun dan bisa menjadi buah tangan. Proses pembuatan kalua tidak terlalu sulit. Bahan utama yang diperlukan adalah jeruk yang mirip dengan jeruk Bali dan banyak tumbuh di Ciwidey. Jeruk kemudian dibelah, dibersihkan kulitnya, dan dibuang isinya.

Setelah itu, kulit jeruk dipotong dan direndam dalam air kapur sirih agar rasa pahitnya hilang. Proses perendaman berlangsung selama semalam. Setelah direndam, kalua dibersihkan dengan air dan direbus dengan air mendidih. Proses itu berulang dua kali. Selesai, kalua lalu dicampur dengan gula dan pewarna. Harga per kilogram kalua bervariasi, mulai dari Rp 26 ribu hingga Rp 30 ribu.


sumber :http://gayahidup.liputan6.com/berita/200911/251921/Kalua.Manisan.Kulit.Jeruk.Khas.Ciwidey

5 komentar:

eNeS mengatakan...

Salam dulur...
Kahiji: Ku akang tos ditingali, aya kasalahan dina scriptna. Uwihan deui geura ti awal. Scripna seuer anu kahapus tah.
Kadua: Gentos atuh ulang ngganggo shoutmix. Shoutmix mah error. Gentos ku CBOx geura.
Katilu: Palihan jaloan Ka Pelabuan Ratu, payuneun Komplek 310. Mun ka pelabuan, ameng geura ka bumi

Ahmadsyah mengatakan...

Hehehe Siap ...Boss mangga atuh haturnuhun ah kang enes...kana pelajaran ,,,blog.. nyahhh,,, Sareng ..bade di cobi deui ah...Nanti Kalo lewat mampir kang,,,,manawi ada waktos . Tararengkyu yah.....

mustakin mengatakan...

pingin nanya aja. di Riau makanan bandung masih langka kepingin juga buka usaha makanan bandung g mana ya

Ahmadsyah mengatakan...

makasih komentar nya untuk lebih kanjut kalo anda mau buka usaha jual produk produk buatan bandung lebih baik anda datang sendiri ke pusat pusat
pernjualan produk tsb misal kalua jeruk datang aja langsung ke ciwidey . banyak sekali produk makanan khas di daerah jawa barat ini .
terimakasih

haryoshi mengatakan...

thanks for this information.

visit me ok...

fmipa unand

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails