SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Selasa, 16 Maret 2010

Muatan listrik .Tubuh Manusia Sebagai Pembangkit Listrik



Muatan listrik
, Q, adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda. Satuan Q adalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar. Q adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik itu berupa proton(muatan positif) maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif, jika atomnya kekurangan elektron. Sementara atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron ini, oleh karena itu muatan materi/atom merupakan kelipatan dari satuan Q dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya (membentuk muatan total yang netral atau tak bermuatan).
Science.jpg 
Artikel bertopik fisika ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia denganmengembangkannya.



Tubuh Manusia Sebagai Pembangkit Listrik?
 jangan meremehkan tubuh manusia. Aliran darah kita ternyata bisa menghasilkan energi yang mampu menghidupkan iPod dan ponsel! Konversi getaran frekuensi rendah seperti gerakan tubuh, degup jantung, juga bisa diubah menjadi listrik menggunakan jaringan nano oksida zinc. Jaringan nano ini adalah piezoelectric, bahan yang menghasilkan listrik terkini ketika terhubung dengan tekanan mekanis.
Jadi kelak saat kita berjalan-jalan jarak jauh, maka gerakan tubuh kita bisa menghasilkan energi listrik. Beragam piranti elektrik kecil seperti iPod atau ponsel dapat terhubung ke lutut kita demi “menyedot” energi melalui alat nano super mungil seukuran seperdualima rambut manusia.
“Riset ini akan memberi pengaruh besar pada teknologi pertahanan, monitor lingkungan, sains biomedis dan pernagkat personal,” jelas Zhong Lin Wang, profesor School of Material Science and Engineering di Georgia Institute of Technology.
Tahun 2006 tim Wang pernah memperkebalkan nanogenerator dan kemampuan menghasilkan kekuatan dari gelombang ultrasonik pada tahun 2007.
Menurutnya, jaringan nano bisa terbuat dari bahan metal, keramik, polimer atau kain. Bahkan alat ini bisa juga ditanamkan di bawah kulit manusia. Aduh, kelamaan mahluk hidup menjadi pembangkit tenaga listrik juga ya?
Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.
foto:internetsiao.com

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails