SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Rabu, 03 Februari 2010

Potensi Jarak Pagar sebagai Tanaman Energi di Indonesia



Batere pertama di dunia yg diisi dg tenaga Udara

uthor: The HaPpEn!nG Posted under:
Professor Peter Bruce yang pernah dianugerahi “the Fellowship of the Royal Society” pada 18 Mei 2007 silam kembali memberikan kejutan kepada dunia, khususnya kepada perkembangan teknologi di bidang kimia untuk pemanfaatan teknologi elektronik. Beliau belum lama ini bersama tim yang dipimpinnya menciptakan suatu penemuan terbaru di bidang kimia, yaitu menciptakan baterai yang mampu di-“charge” dengan menggunakan oksigen.

Baterai revolusioner ‘STAIR’ (St Andrews Air) ini pada awalnya tetap harus di-“charge” secara tradisional, namun begitu baterai ini tidak berada dalam kedaan di-“charge” atau sedang berada dalam penggunaan, maka system di dalam baterai ini akan bekerja otomatis untuk menarik oksigen dari udara sekitarnya melalui suatu lubang yang terbuka. Oksigen ini kemudian akan bereaksi dengan komponen porous carbon di dalam baterai. Pada tahap ini, lithium ion dari electrolyte bergabung dengan electron dari circuit dan oksigen dari udara sekitar untuk menghasilkan lithium Li2O2, sehingga akan menghasilkan energy lebih banyak lagi dan sekaligus membantu men-“charge” baterai secara berkelanjutan dan udara kembali terpancar lagi. Lebih lanjut, dengan mengganti unsur kimia tradisional pada baterai, lithium cobalt oxide dengan porous carbon dan oksigen yang diambil dari udara, maka berat baterai pun juga akan menjadi sanget ringan daripada baterai pada umumnya.

Profesor Peter Bruce yang memimpin proyek senilai 1,5 juta Poundsterling itu pun berharap, baterai temuannya sudah dapat dipasarkan sekitar lima tahun mendatang. Versi mini baterai ini rencananya akan dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi gadget semacam ponsel, laptop maupun iPod. Para penemunya mengklaim baterai tersebut juga bakal jadi andalan untuk mendayai mobil listrik masa depan.

Bruce memperhitungkan penemuannya ini, dimana dengan berat yang lebih ringan akan menjadikannya lebih murah mengingat perpaduan antara porous carbon dengan oksigen yang mampu menghasilkan lithium Li2O2 seharusnya akan membuat baterai ini menjadi lebih ekonomis.

”Target kami adalah untuk menciptakan 5-10 kali kapasitas penyimpanan yang mana ini merupakan di luar batas lithium baterai pada saat ini,” ujarnya.

”Kuncinya adalah dengan menggunakan oksigen di udara sebagai bahan reaksinya daripada menggunakan cara tradisional yaitu dengan menaruh bahan kimia di dalam baterai.”

Proyek yang telah memakan waktu selama empat tahun ini dimulai pada dua tahun yang lalu dan direncanakan akan berakhir pada 2011 nanti. Bruce memperkirakan bahwa paling tidak dibutuhkan lima tahun sebelum baterai STAIR ini dijual bebas untuk umum.

SUMBER (RESOURCES):
  • http://www.st-andrews.ac.uk/news/2007/Title,12319,en.html
  • http://www.detikinet.com/read/2009/05/20/144538/1134678/511/pertama-di-dunia-baterai-ponsel-tenaga-udara
  • http://timesofindia.indiatimes.com/Health--Science/First-battery-that-charges-on-air/articleshow/4557629.cms
  • http://www.theregister.co.uk/2009/05/19/lithium_oxygen_stair_battery/
  • http://timesofindia.indiatimes.com/Health--Science/First-battery-that-charges-on-air/articleshow/4557629.cms
  • http://slashdot.org/submission/1004583/Worlds-First-Battery-Fueled-by-Air

bakteri uranium

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails