SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.tk atau ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Jumat, 19 Februari 2010

Grup Fisika Teoritik dan Komputasi - GFTK


Pusat Penelitian Fisika -
Grup Fisika Teoritik dan Komputasi - GFTK
» Alamat situs : http://teori.fisika.lipi.go.id
Grup ini merupakan satu-satunya grup penelitian yang mengkaji ilmu dasar (teori) bidang fisika, komputasi dan matematika di LIPI. Grup ini berdiri sejak 1 Januari 2001 sebagai konsekuensi reorganisasi LIPI dimana lembaga induk yang menaungi grup ini berganti nama dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan menjadi Pusat Penelitian Fisika. Ini menjadi tonggak awal mulai diperkenalkannya kajian teoritik sebagai salah satu kompetensi penelitian di LIPI dan P2 Fisika pada khususnya.
Kompetensi :
    Secara garis besar grup ini melakukan kajian fisika teoritik, komputasi dan matematika terkait. Saat ini topik penelitian difokuskan pada :
    • Fisika teoritik :
      1. Fisika energi tinggi, khususnya aspek formal (simetri) maupun fenomenologi (neutrino, perusakan simetri, teori unifikasi).
      2. Fisika nonlinier, khususnya fluida berbasis teori medan dan aplikasinya di biofisika (DNA), material (QGP) dan kosmologi.
    • Komputasi :
      1. Model dan teknik penambangan data.
      2. Manajemen pengetahuan berbasis situs.
      3. Sistem informasi online berbasis situs.
    • Perangkat keras komputasi :
      1. Mesin paralel terbuka untuk komputasi paralel konvensional maupun berbasis Grid.
      2. Sistem kontrol dan akuisisi data nirkable berbasis situs.
    Untuk melihat sepintas area riset dan keterkaitannya satu dengan yang lain, silahkan melihat peta riset GFTK.
Peralatan yang dimiliki :
  • Ruang kerja peneliti (6), mahasiswa (5) dan diskusi teori.
  • Ruang kerja perangkat keras instrumentasi dan komputasi.
  • Mesin komputasi paralel.
  • Terminal berbasis Linux (7).
  • Jaringan (LAN, server utama, mesin pencetak jaringan, hotspot).
Kerjasama dan layanan :
    Dalam melakukan kegiatannya, GFTK aktif berkolaborasi dengan aneka institusi di LIPI, non-LIPI dalam dan luar negeri. Di dalam LIPI kerjasama dilakukan dengan Grup Optik Kuantum di P2 Fisika. Untuk institusi dalam negeri, kerjasama erat dilakukan dengan Departemen Fisika UI dalam bentuk kolaborasi riset serta bimbingan mahasiswa sarjana dan pasca-sarjana. Untuk institusi luar negeri kerjasama dalam bentuk dukungan finansial dan non-finansial dari ICTP Trieste, DESY Hamburg dan beberapa universitas di Malaysia.
    Selain itu secara nasional, GFTK berperan aktif dan menjadi pionir pendiri dalam komunitas ilmiah terkait :
    • Grup Fisikawan Teoritik Indonesia - GFTI
    • Masyarakat Komputasi Indonesia - MKI
    Juga dalam Konsorsium Workshop on Theoretical PhysicsWorkshop on Computational Science dan Workshop on Non-linear Phenomena, yang dikelola oleh kedua komunitas diatas dan diselenggarakan setiap tahun.
    Kegiatan ilmiah yang diselenggarakan dengan GFTK LIPI sebagai penyelenggara utama :
    Sebagai salah satu bentuk kontribusi ke masyarakat, GFTK membuat dan mengelola beberapa database dan portal ilmiah terkait :
    Selain anggota peneliti tetap, kegiatan kami dibantu oleh beberapa peneliti tamu dari luar P2 Fisika :
    Meski telah tidak bergabung dalam grup, GFTK tetap melakukan kerjasama dengan para alumni : Juga beberapa mahasiswa bimbingan penelitian untuk tingkat S1-S3 seperti tertulis di halaman informasi masing-masing anggota di bawah.
    Selain aktifitas ilmiah dengan luaran ilmiah (karya tulis di jurnal, hak-cipta dan paten), GFTK juga menghasilkan beberapa luaran aplikatif :
    Tertarik untuk bekerjasama atau melakukan penelitian di GFTK ? Silahkan kontak kami melalui surat-e di milis [AT] teori.fisika.lipi.go.id !

0 komentar:

Posting Komentar

RUANG RIUNG

MAU PASANG BANNER SILAHKAN: Kotak yang atas untuk gambar misal : http://images.cooltext.com/1478198.png Kotak Bawah untuk alamat blog misal: http://ahmadsyahbio.blogspot.com












>



KLIK TOMBOL ATAS
Related Posts with Thumbnails